Saturday, October 15, 2011

Sunscreen Cara Terbaik untuk Melindungi Keluarga Anda



Kanker kulit disebabkan oleh sinar ultraviolet (UV) atau paparan sinar matahari. Penelitian menunjukkan bahwa kanker kulit dapat dicegah jika seseorang melindungi kulit mereka dari sinar UV. Selain itu, sinar matahari yang berlebih juga dapat menimbulkan penuan dini pada kulit, menyebabkan kulit menjadi kering, kendur (kehilangan elastisitas) dan berkeriput. Karenanya diciptakanlah berbagai produk seperti sunscreen atau sunblok untuk melindungi kulit Anda.

Sunscreen berbeda dengan sunblok. Sunscreen atau tabir surya tersedia dalam bentuk spray, gel, dan lotion yang mengandung bahan-bahan yang dapat menyerap radiasi dari sinar UV, yang membantu mencegah kulit terbakar dan mencegah masalah kulit lainnya yang mungkin bisa muncul. Sunscreen adalah pilihan yang baik untuk melindungi keluarga Anda dari sinar matahari, ketika berpergian keluar rumah.


Tabir surya perlu diterapkan setiap beberapa jam untuk mendapatkan manfaat penuh dari produk tersebut. Selain itu, jika Anda memiliki penyakit kulit seperti dermatitis, Anda sangat disarankan untuk menggunakan tabir surya. Dermatitis biasanya akan terasa gatal ketika kulit menjadi kering (sinar matahari dapat membuat kulit menjadi kering), karenanya tabir surya dapat menjadi obat kulit untuk mengurangi rasa gatal dan peradangan ketika hendak keluar rumah. Selain itu, tabir surya juga dapat memutihkan kulit, karena kulit terlindung dari sinar matahari yang dapat membuat kulit Anda menjadi lebih gelap.

Seperti namanya, sunblok berguna untuk menangkal sinar matahari. Sunblok memiliki beberapa kelemahan. Ketika digunakan, sunblok membuat kulit menjadi berminyak dan dapat menyumbat pori-pori, sehingga akan menimbulkan masalah bagi Anda yang berjenis kulit berminyak dan rentan terhadap jerawat.

Selain itu, sunblok juga tidak tahan air, jadi Anda tidak bisa menggunakannya ketika ingin berenang. Sekarang formulasi sunblok telah dikembangkan, dan kini mengandung titanium dioksida micronized. Keuntungan dari formulasi ini adalah sunblok akan mudah menyerap sehingga tidak membuat kulit menjadi berminyak serta kemampuan menangkal matahari yang lebih baik.

Spektrum radiasi UV dapat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu UVB, UVC dan UVA. Sinar matahari sebagai besar terdiri dari sinar UVA, yang diyakini dapat merusak jaringan ikat serta meningkatkan resiko kanker kulit terjadi. Sinar UVB sebagian besar diserap oleh lapisan ozon, hanya sebagian kecil saja yang dapat mencapai permukaan bumi. UVB menembus ke dalam epidermis dan merupakan penyebab utama kulit terasa terbakar. Meskipun dianggap paling berbahaya, hampir seluruh sinar UVC diserap oleh ozon sebelum sampai ke bumi.

SPF adalah singkatan dari Sun Protection Faktor atau faktor perlindungan matahari. Tingkatan SPF pada produk biasanya berkisar antara 2 (paling rendah) hingga 60 (paling tinggi). Angka tersebut merujuk kepada kemampuan produk untuk menahan sinar matahari sampai ke kulit. Semakin tinggi SPF pada sunscreen, maka semakin besar pula perlindungannya bagi kulit Anda.

Produk Recomended : Solavance (Sunscreen dari Immortal Skin Care)

No comments:

Post a Comment